Pentingnya Merawat Cat Mobil

Kualitas pengerjaan cat sebuah mobil adalah sesuatu yang tidak terpisahkan. Karena apabila tidak baik, akan dengan mudah terlihat. Mempunyai mobil baru memang menyenangkan. Seperti anak kecil yang punya mainan baru, Anda akan merawat mobil baru Anda dengan sepenuh hati. Tapi saat mobil Anda berumur tiga atau empat tahun, tidak jarang kondisinya sudah tidak seperti mobil baru, khususnya bagian cat.
Peran cat pada body mobil sangat penting karena saat Anda menjual mobil, calon pembeli akan melihat apakah body mobil masih bagus atau tidak. “Cat adalah bagian pertama yang dilihat oleh calon pembeli, baru kemudian struktur mobil (rangka) dan mesin,” ujar Sugiarto Ongko, Direktur Pemasaran Nowet Indonesia. Agar nilai jual mobil tidak terlalu turun, maka disarankan untuk menjaga cat mobil tetap bagus. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara-caranya:pr

Mencuci mobil Anda

Cat mobil asli dari pabrik umumnya dapat bertahan cukup lama, bisa sampai belasan tahun. Tapi menurut Sugiarto, hal tersebut tergantung dari perawatan. “Kesalahan sering terjadi saat mencuci mobil, yang membuat body mobil baret halus, dan akhirnya cat mobil menjadi rusak,” jelasnya. Waktu mencuci mobil yang tepat adalah pada saat temperatur udara tidak panas atau matahari tidak terik, misalnya pada pagi atau sore hari.
Selain itu, tekanan pada semprotan air jangan terlalu kencang. Gunakan yang dapat diatur, agar kotoran yang menempel mudah lepas tapi cat tidak rusak karena tekanan yang terlalu kencang. Sugiarto juga menyarankan agar mobil segera dibilas menggunakan lap kulit atau kanebo. Hal ini untuk mencegah air yang kering tidak membekas pada body mobil.

Kondisi jalanan kota besar seperti Jakarta yang berdebu terkadang membuat pasir menempel pada body. Apabila dibiarkan tidak tercuci, pasir tersebut dapat menjadi penyebab baret-baret halus. Contohnya adalah pada kontak yang terjadi saat Anda menyeka body mobil dengan kain. Karenanya, membilas mobil anda secara seksama sebelum di lap kering dengan kain sangatlah penting.
Produk-produk pembersih mobil

Penggunaan sampo cuci mobil yang mempunyai kandungan tidak seimbang, serta adanya kandungan silicon, dalam jangka waktu lama dapat membuat mobil terlihat kusam. Beberapa sampo yang menawarkan hasil yang lebih mengkilap justru dalam jangka waktu panjang akan memudarkan cat mobil Anda. Jadi, perhatikan kandungan yang terdapat dalam sampo mobil.

Kalau memang hendak membeli sampo untuk membersihkan mobil, pastikan sampo tersebut memakai bahan-bahan organik. Seperti bahan kaolin clay (sejenis lumpur dari mineral) dan carnauba wax (lilin dari pohon kelapa). Pastikan juga produk sampo mobil yang Anda beli sudah diakui “green” secara internasional. “Saat ini banyak produk lokal yang hanya klaim green tanpa mempunyai MSDS (Material Safety Data Sheet),” imbuhnya.

Agar cat mobil tetap bagus, jangan pernah menggunakan sampo yang mempunyai kandungan silikon dan minyak tanah. Karena menurut Sugiarto, dua kandungan tersebut membuat cat mobil cepat pudar dan terlihat kusam.

Langkah-langkah pencegahan

Cuci setelah hujan. Air hujan yang turun, walaupun tingkat keasamannya berbeda-beda dari satu negara ke yang lainnya, biasanya memiliki tingkat keasaman yang tinggi, khususnya Indonesia. “Sehingga akan menimbulkan jamur dan flex pada cat mobil,” paparnya.
Sugiarto juga menyarankan untuk tidak mencuci mobil di siang hari. Begitu juga pada saat mesin mobil dalam keadaan panas. Karena selain merusak mesin mobil, uap dari mesin yang terkena air bisa merusak cat kap mesin.

Menurut Sugiarto, cat ulang juga bukan solusi yang baik. Karena umumnya akan lebih cepat pudar dibanding cat asli pabrik. Oleh sebab itu, perawatan yang baik serta mencuci mobil dengan benar adalah hal terutama yang harus diperhatikan agar cat mobil tetap terjaga – tidak baret, kusam, ataupun pudar – dalam jangka waktu panjang.

Kesimpulan

Cat termasuk bagian penting dari sebuah mobil karena ikut mempengaruhi nilai jual sebuah mobil. Bila cat mobil anda mengalami baret, kusam, bahkan pudar, harga jualnya bisa turun. Perawatan yang baik dengan menggunakan sampo yang teruji kualitasnya adalah salah satu cara menjaga warna asli mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *