Tips n Trik Mencuci Mobil

Pada saat mobil perlu dicuci sebaiknya anda tidak hanya membersihkan badan luar mobil saja. Mencuci sebaiknya dimulai dari interior kemudian ruang mesin dan dilanjutkan dengan membersihkan bagian luar mobil.

1. Interior

Parkirlah mobil anda di tempat yang teduh sehingga permukaan mobil menjadi dingin. Bukalah seluruh pintu dan kompartment. Keluarkan seluruh barang yang tidak diperlukan dari mobil dan buanglah sampah. Keluarkan floor math dari mobil, cuci dan jemur sehingga waktu mobil sudah bersih floor math sudah kering. Gunakan Vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, kursi dan bagian bawah kursi. Gunakan interior shampoo untuk membersihkan bagian yang bernoda. Gunakan lap basah untuk membersihkan dashboard, kompartment dan panel pintu. Semprotkan pewangi ruangan bila diperlukan agar udara di dalam mobil terasa segar.

2. Ruang Mesin

Bukalah tutup mesin lalu tutup busi, aki dan seluruh bagian listrik yang terlihat dengan plastik. Semprot seluruh bagian selain yang telah ditutup oleh plastik dengan degreaser. Anda bisa menggunakan sikat yang kaku untuk membersihkan bagian yang dipenuhi dengan oli. Biarkan selama 5 menit kemudian siram dengan air. Singkirkan plastik pembungkus.

3. Badan mobil

Siram seluruh badan mobil termasuk roda. Gunakan semprotkan pembersih roda pada roda biarkan agar obat bekerja. Gunakan busa dan shampoo mobil untuk membersihkan badan mobil kemudian dilanjutkan dengan menyikat roda. Semprot dengan air kemudian gunakan chamois untuk mengeringkannya untuk menghindari noda air. Gunakan pembersih kaca dan kertas untuk membersihkan seluruh kaca. Bila anda menginginkan ban mengkilap semprot dengan obat pengkilap ban mobil.

4. Ban Mobil

Sikat dan bersihkan terlebih dahulu ban mobil anda dengan sikat yang sedikit keras, hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran disekat-sekat ulir kecil di ban. Siram dengan air bersih, lalu gunakan semir ban yang tidak akan membuat ban mendecit. Pastikan hanya sekeliling sisi ban yang disemir hal ini akan membuat anda aman berkendara dibanding semir ban sedikit kearah dasar ban yang akan membuta ban anda manjadi licin.
Jadi, selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *